Anak-Anak Bangsa

Buku yang hadir di hadapan pembaca ini adalah buku yang didedikasikan untuk anak-anak Indonesia. Ide awalnya adalah keinginan untuk memberikan gambaran yang agak lengkap tentang potret anak Indonesia kontemporer. Sehingga siapapun dapat menggunakan buku ini untuk mengetahui atau memperdalam pengetahuannya tentang anak-anak Indonesia.

Walaupun belum sempurna, buku ini cukup memberikan gambaran tentang kondisi anak-anak Indonesia. Mulai dari pemaparan awal kelahiran hingga lahir dan memasuki remaja di dalam balutan budaya lingkungannya. Hingga peran negara dalam melindungi hak anak dan menyediakan kesejahteraan bagi anak-anak Indonesia.

Potret anak kurang beruntung dibahas pula dalam buku ini. Data tentang kesehatan, pendidikan, perlindungan, kesejahteraan, dan lainnya diungkap dengan gamblang. Juga catatan-catatan emas prestasi siswa-siswa berbakat tidak kami tinggalkan. Siswa berprestasi akademik luar biasa, anak-anak berbakat di bidang olahraga, juga mereka yang memiliki minat yang tinggi di bidang kesenian dan budaya diungkap tuntas. Ini memberikan gambaran yang cukup bahwa anak Indonesia adalah anak berpotensi yang tidak kalah dengan anak di belahan negara lain. Tentunya semua ini menjadi potret menyeluruh sehingga sudut pandang kita terhadap dunia anak lebih lebar.

Data-data dan kronologis perlakuan terhadap anak juga kami paparkan. Sehingga fase perkembangan dapat dilihat dan dinilai progresifitasnya. Indikator progresifitas, oleh penulis, dilihat dari produk undang-undang dan peraturan pemerintah yang dikeluarkan. Juga dilihat dari angka-angka statistic yang muncul di masyarakat.

Untuk melengkapi khazanah pengetahuan kita, kami mengundang pakar-pakar di bidangnya untuk membincangkan persoalan anak. Sehingga pembaca akan lebih mudah mengenali dan memahami pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Untuk itu kami ingin sampaikan terima kasih kepada para penulis, antara lain Kak Seto, Ratna Megawangi, Neno Warisman dan lainnya yang telah rela meluangkan waktunya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ibu Hj. Ani Yudhoyono yang telah berkenan memberikan kalimat pesan untuk anak-anak Indonesia dan pesan untuk orang tua dan anak. Semoga pesan ini dapat diresapi oleh seluruh anak-anak, orang tua, dan masyarakat Indonesia. Terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Aburizal Bakrie dan Bapak Adhyaksa Dault yang telah memberikan kata sambutan dan mendukung penyusunan buku ini.

Kepada seluruh panitia peringatan HAN 2007 kami ucapkan banyak terima kasih dan penghargaan atas dukungannya selama penyusunan hingga terbitnya buku ini. Semoga apa yang kita lakukan dapat menjadi kampanye efektif untuk menyadarkan bahwa anak adalah masa depan. Sebagai tunas, potensi, dan generasi muda mereka adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan calon pemimpin bangsa dan negara di masa depan. Perlakuan dan kondisi yang mereka terima hari ini akan memiliki efek di masa depan. Maka kesadaran bahwa ”Masa Depan Anak Masa Depan Bangsa sedikit banyak akan membuat kita memperlakukan dan memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita, Anak-anak Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi terwujudnya generasi baru Indonesia yang unggul.

Akhirnya, kami mengajak seluruh pembaca untuk meluangkan waktu membaca buku ini hingga selesai. Semoga kita mendapatkan sesuatu yang baru.

Selamat Membaca.

Tim Penulis,

Dwi Agus Susilo, dkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: